Cara Mengatasi Anak Nakal dengan Kapsul Kecerdasan

Cara Mengatasi Anak Nakal dengan Kapsul Kecerdasan

Cara Mengatasi Anak Nakal – Orangtua memiliki tugas dan tanggung jawab penting dalam mendidik anak. Tentu setiap orangtua selalu menginginkan anaknya memiliki sikap yang baik. Namun, dalam kenyataaannya tidak selalu demikian. Meski orangtua sudah memberikan pola didik yang baik dan sudah menyekolahkan ke lembaga pendidikan yang berkualitas namun tidak menjamin anak akan berkembang dengan memiliki sikap yang baik. Buktinya, sekarang ini ada banyak anak yang nakal dan susah diatur karena mendapat pengaruh negatif dari luar. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah pada anak, jangan khawatir karena di bawah ini ada beberapa cara mengatasi anak nakal yang dapat  dilakukan.

Cara Mengatasi Anak Nakal dengan Kapsul Kecerdasan

1. Berikan pendidikan agama yang kuat

Memberikan pendidikan agama sedini mungkin adalah cara mengatasi anak nakal. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajarkan anak berdoa, memperdengarkan lagu-lagu keagamaan, melakukan ritual keagamaan secara bersama-sama dengan anggota keluarga, dan sebagainya. Contohnya, bagi anak muslim dapat diajarkan sholat, menghafalkan doa-doa Islami, beribadah ke masjid, mendengarkan shalawat, dan sebagainya. Dan, bagi anak nasrani bisa diajarkan untuk berdoa, mengikutkan ke sekolah minggu, mengajak beribadat ke gereja, memperdengarkan lagu-lagu gereja, dan sebagainya. Dengan mengajarkan anak pondasi agama yang kuat maka akan membentuk perilaku anak yang berbudi luhur, bertaqwa, dan beriman. Dengan harapan ilmu agama inilah yang akan memperkuat dan menjaga anak dalam menjalani proses kehidupannya.

Baca Juga : 6 Doa Bentuk Utama Kasih Sayang Ibu kepada Anaknya

2. Memberikan contoh yang baik bagi anak

Orangtua adalah teladan bagi anak. Karena itu, memberikan contoh yang baik adalah salah satu cara mengatasi anak nakal yang dapat dilakukan oleh para orangtua. Bagi anak, orangtua adalah role model. Anda tidak bisa memperbaiki sikap anak dengan menggunakan perkataan atau amarah, namun berikanlah contoh pada anak, lalu berikan pengertian bahwa apa yang sudah anak lakukan adalah tidak baik atau keliru. Dengan cara ini akan mudah diterima oleh anak.

3. Beri pengertian dengan bahasa yang halus

Sebagai role model, orangtua harus memiliki sikap dan gaya bahasa yang benar-benar patut dicontoh oleh anak. Berbahasa dan berbicara dengan halus dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi anak nakal. Untuk itu, saat berbicara atau memberikan pengertian pada anak, gunakanlah bahasa yang halus dan lembut. Hindari kata-kata yang keras dan kasar, jangan pakai intonasi tinggi atau berteriak. Dengan sikap ini maka anak-anak pun akan meniru gaya bahasa Anda yang lembut dan sopan.

4. Lakukan pendekatan dengan anak

Melakukan pendekatan dengan anak secara tepat tentu sangat dibutuhkan oleh setiap orangtua karena hal ini menjadi cara mengatasi anak nakal. Lakukan pendekatan secara halus dengan memberikan nasihat-nasihat bijak agar anak bisa mengubah sikapnya menjadi lebih baik. Memang cara mengatasi anak nakal tentu membutuhkan kesabaran yang besar, namun janganlah bosan untuk melakukannya karena demi kebaikan diri anak Anda sendiri.

5. Selalu bersikap tenang

Senakal apa pun anak Anda, upayakan untuk tetap bersikap tenang dalam menghadapinya. Hal ini juga menjadi salah satu cara mengatasi anak nakal. Ketika Anda menemukan anak Anda bertingkah nakal, janganlah bertindak kasar, seperti berteriak, memarahi, atau memukul, tapi tetaplah tenang menghadapinya. Secara baik-baik, ajaklah anak Anda untuk bicara dari hati ke hati, lalu berikan pemahaman kepada anak bahwa apa yang ia telah lakukan tidaklah baik. Jika Anda merespons kenakalan anak Anda dengan amarah  ataupun emosi maka anak akan merasa tersudut sehingga tidak akan mengubah sikap tersebut karena ia sudah dinilai salah oleh Anda.

6. Berikan punish anda award

Terkadang hukuman (punish) dan hadiah (award) perlu dilakukan untuk mendidik anak. Hukuman diharapkan dapat memberikan efek jera pada anak, namun Anda juga perlu menyesuaikan jenis hukuman yang akan Anda berikan kepada anak dengan jenis kesalahan yang telah ia lakukan. Sedangkan, anak juga berhak mendapatkan hadiah saat ia melakukan sesuatu kebaikan. Hadiah atau award ini merupakan penghargaan atas hal istimewa atau luar biasa yang telah ia lakukan. Dengan adanya punish and award ini dimaksudkan anak akan mengenal sebuah aturan. Karena itu memberikan punish and award memang dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi anak nakal.

Baca Juga : Mengatasi Anak Malas Belajar dengan Kapsul Kecerdasan

Demikian beberapa cara mengatasi anak nakal yang mudah Anda lakukan

Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun anak Anda tetap nakal dan susah diatur maka sebaiknya Anda segera melakukan cara ke-7, yaitu dengan memberikan Kapsul Kecerdasan yang akan membantu mengubah anak Anda menjadi anak yang penurut dan mudah diarahkan. Informasi selengkapnya silakan klik manfaat Kapsul Kecerdasan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :