Kapsul Kecerdasan :: Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Home Artikel Umum 7 Cara Menghadapi Globalisasi Yang Perlu Anda Ketahui

7 Cara Menghadapi Globalisasi Yang Perlu Anda Ketahui

Cara menghadapi globalisasi – Anda tentu familier dengan istilah “globalisasi”, bukan? Globalisasi yang menjadi salah satu bentuk dari perkembangan zaman menjadi fenomena yang tidak dapat dihindari dan dapat dialami oleh siapa pun di setiap belahan bumi ini. Hal ini sesuai dengan istilah globalisasi yang diambil dari kata “global” yang berarti universal. Menurut Achmad Suparman, globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda ataupun perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.

Dengan adanya globalisasi yang ditandai dengan samakin canggihnya perkembangan teknologi dan informasi ini membuat dunia seakan tanpa batas dan hal ini tentu memiliki pengaruh pada suatu bangsa dan negara, masyarakat, dan individu. Pengaruh tersebut meliputi dalam bidnag ekonomi, sosial budaya, politik, pertahanan dan keamanan, agama, pendidikan, dan sebagainya. Globalisasi membawa efek positif dan negatif. Efek positif dapat terlihat dari tumbuhnya kreativitas dan peningkatan kualitas produksi,  makin terbukanya pasar untuk produk ekspor, meningkatkan pariwisata Indonesia, dan sebagainya. Di samping efek positif, ada juga dampak negatif dari globalisasi. Seperti masuknya budaya barat yang dapat mengikis budaya Indonesia, komoditas impor mengacam produk dalam negeri, persaingan tenaga kerja, dan sebagainya. Dengan mengetahui beberapa dampak negatif tersebut maka dibutuhkan cara menghadapi globalisasi yang efektif meningkatkan efek positifnya.

Berikut ini beberapa cara menghadapi globalisasi yang perlu Anda lakukan. Cara menghadapi globalisasi ini meliputi berbagai aspek atau bidang kehidupan, seperti ekonomi, sosial budaya, pendidikan, dan agama. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Memiliki Motivasi Hidup Sukses dengan Kapsul Kecerdasan

7 Cara Menghadapi Globalisasi

1. Meningkatkan ketrampilan hidup (life skill)

Cara menghadapi globalisasi dapat dilakukan dengan meningkatkan ketrampilan hidup sebagai modal daya saing sekaligus daya tahan dalam menghadapi persaingan dalam era globalisasi. Tanpa memiliki life skill maka Anda akan sangat mudah terbawa arus negatif dari globalisasi.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Memiliki keprcayaan diri dan keberanian juga menjadi salah satu cara menghadapi globalisasi. Dengan memiliki sikap tersebut maka Anda akan memiliki kekuatan dan keteguhan agar tidak mudah terombang-ambing oleh arus perubahan dari globalisasi serta efek negatifnya.

3. Terus belajar dan belajar

Menjadi pribadi pembelajar dibutuhkan dalam era globalisasi ini karena hal ini menjadi salah satu cara menghadapi globalisasi. Dengan memiliki kebiasaan terus belajar maka Anda akan memiliki wawasan, pengetahuan, dan ilmu yang makin luas. Dengan memiliki bekal ilmu dan wawasan tersebut maka Anda akan sanggup bersaing di era globalisasi dan tampil menjadi pribadi yang unggul dan berkualitas.

Baca Juga : Akhirnya Kutemukan Cara Fokus Belajar untuk Anak

4. Menumbuhkan rasa nasionalisme

Cara menghadapi globalisasi juga dapat dilakukan dengan menumbuhkan kembali rasa nasionalisme. Hal ini bertujuan agar masyarakat makin mencintai negara Indonesia. Upaya menumbuhkan rasa nasionalisme dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti selalu menggunakan produk buatan dalam negeri, menanamkan sekaligus mengamalkan nilai-nilai Pancasila, menanamkan sekaligus melaksanakan ajaran agama, mewujdukan supremasi hukum, menegakkan hukum secara benar dan adil, bersikap selektif terhadap pengaruh globalisasi baik di bidang ekonomi, sosial budaya, pendidikan, politik, dan sebagainya.

5. Mengikuti perkembangan IPTEK

Salah satu cara menghadapi globalisasi dapat dilakukan dengan selalu mengikuti perkembangan IPTEK. Hal ini perlu dilakukan agar masnyarakat Indoensia mampu menyaring informasi yang baik dan bermanfaat serta tidak mudah dibodohi dengan berbagai informasi dari luar.

6. Meningkatkan iman dna taqwa kepada Tuhan

Memiliki iman yang kuat dan taqwa yang tebal pada Tuhan juga menjadi salah satu cara menghadapi globalisasi. Iman dan taqwa ini sangat bermanfaat untuk untuk membentengi diri Anda dari pengaruh negatif globalisasi yang datang dari luar, seperti narkoba, pornografi, seks bebas, dan sebagainya.

Demikian beberapa cara menghadapi globalisasi yang perlu Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun Anda masih saja belum mampu mengembangkan diri menjadi pribadi yang sukses dan mampu mengalahkan globalisasi maka sebaiknya Anda segera mengikuti Pelatihan Quantum Bioenergi di Bioenergi Center yang dapat meningkatkan kompetensi dan keahlian Anda dalam bekerja apa pun profesi Anda sehingga mampu mengalahkan persaingan dunia kerja yang makin terbuka lebar. Dengan mengikuti pelatihan tersebut maka diharapkan dapat mempermudah Anda dalam mencapai kesuksesan hidup.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :