Kapsul Kecerdasan :: Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Home Artikel Umum 4 Cara Mengatasi Anak Melawan Orang Tua Secara Islam

4 Cara Mengatasi Anak Melawan Orang Tua Secara Islam

Anak melawan orang tua – Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya menjadi anak yang berbakti, sholeh atau sholehah, dan tidak melawan atau membangkang. Untuk itu, setiap orang tua diharuskan memberikan pola pendidikan yang benar, mengajarkan berbagai kewajiban serta ajaran agama kepada anak agar kelak ia tumbuh menjadi anak yang berbakti kepada Namun, anak bertumbuh dengan banyak pengaruh negatif dari lingkungan yang kemungkinan dapat menyebabkan anak menjadi anak yang melawan, membangkang, bahkan layak disebut sebagai anak durhaka.

Dalam agama Islam, Allah sendiri memerintahkan setiap anak melalui firman-Nya dalam Alquran untuk senantiasa menghormati, menghargai, dan menyayangi orang tua, “Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kepada keduanya ‘ah/uf’ dan janganlah kamu membentak keduanya” (Q.S. Al-Isra : 23).

Meski sudah menjadi kewajiban anak, namun saat ini makin banyak anak yang berani mealwan orang tua. Bagi Anda yang memiliki anak yang membangkang, suka melawan, dan sulit dinasihati maka Anda dapat mengandalkan rahmat Allah untuk mengatasi sikap negatif anak Anda tersebut dengan jalan Islam. Berikut ini beberapa cara mengatasi anak melawan orang tua menurut Islam.

Baca Juga : Sungguh, Kapsul Kecerdasan Ampuh Mengatasi Anak Nakal!

4 Cara Mengatasi Anak Melawan Orang Tua Secara Islam

1. Perbanyak doa dan shalat

Memperbanyak doa dan shalat adalah cara utama mengatasi anak melawan orang tua. Sebagai orang tua yang menyadari tugas tanggung jawab dalam membentuk pribadi anak yang baik sesuai dengan ajaran agama maka seorang orang tua pasti akan selalu mendoakan anaknya tersebut. Allah sendiri akan membantu menjaga anak dari orang tua yang shaleh.

  • “Adapun dinding rumah itu adalah kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang saleh.” (Al Kahfi: 82).
  • “Dan orang-orang yang beriman, dan anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka. Dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (Ath Thuur: 21).
  • “Wahai anakku, sesungguhnya aku memperbanyak shalat karenamu (dengan harapan Allah akan menjagamu).”

2. Bersikap lembut kepada anak

Cara mengatasi anak melawan orang tua yang selanjutnya adalah dengan bersikap lembut kepada anak. Setiap orang tua sebaiknya dapat memastikan bahwa anak-anaknya merasa disayangi agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih sayang kepada sesama. Jika anak dibesarkan dengan teriakan dan pukulan maka kemungkinan besar kelak ia akan tumbuh menjadi pribadi yang keras.

3. Melakukan amalan Islam

Melakukan amalam-amalan dalam Islam juga diajurkan sebagai cara mengatasi anak melawan orang tua. Adapun jenis amalan yang dapat Anda lakukan adalah dengan membaca Surat Al Hasyr ayat 21-24 atau membaca Surat Al Iklhas dan saurat Al Falaq Annas.

Cara melakukan amalan Surat Al Hasyr ayat 21-24

  • Bacalah Surat Al Hasyr ayat 21-24 saat anak Anda tidur, lalu tiupkan pada ubun-ubun anak.
  • Bacalah lima ayat pertama Surat Thoha saat anak tidur. Lalu, tiupkan secara bertentangan saat anak menghirup napas.

Cara melakukan amalan Surat Al Iklhas dan Al Falaf Annas:

  • Bacalah Surat Al Iklhas dan Al Falaf Annas masing-masing sebanyak 3 kali. Lalu, usapkan tangan Anda pada seluruh tubuhnya.

4. Menciptakan suasana Islami dalam rumah

Cara mengatasi anak melawan orang tua juga dapat dilakukan dengan mengupayakan terciptanya suasana Islami dalam rumah. Hal ini dapat Anda capai dengan secara rutin membaca Surat Al Baqarah secara bersama- sama di dalam rumah. Selain itu, juga dapat Anda lakukan dengan mendengarkan lantunan pembacaan Surat Ibrahim ayat 35-42 bersama seluruh anggpta keluarga di rumah.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Nakal dengan Kapsul Kecerdasan

Demikian beberapa cara mengatasi anak melawan orang tua secara Islam. Cara di atas terjamin ampuh dalam menjadikan anak yang awalnya suka melawan menjadi penurut. Anda juga bisa mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak dengan memberikannya asupan berkualitas yang dapat merangsang perkembangan sel-sel dalam tubuh, yaitu dengan memberikan Kapsul Bioenergi yang akan membantu Anda dalam menjadikan anak Anda lebih berkualitas, yaitu lebih sehat dan lebih cerdas. Dengan begitu, anak Anda akan lebih mudah menjadi anak yang sukses dan berprestasi.

Baca Juga artikel Menarik Lainnya :