Apakah Anak Anda Kecanduan Gadget? Begini Cara Mengatasinya

Apakah Anak Anda Kecanduan Gadget? Begini Cara Mengatasinya

anak kecanduan gadget

Apakah anak Anda kecanduan gadget? Zaman terus berubah dan berkembang, termasuk sekarang, yang sudah menjadi era digital.  Kemajuan teknologi membawa kalangan orang dewasa untuk melek teknologi termasuk kalangan anak muda hingga anak-anak kecanduan gadget. Tak dapat dipungkiri kemudahan zaman digital sangat menggiurkan. Apapun yang ingin kita lakukan menjadi semakin mudah terwujud. Bahkan anak-anak di bawah umur saja sudah memiliki gadget pribadi.

Kebanyakan orang tua sekarang membebaskan anak mereka untuk bermain gadget sesukanya. Ketika anak sedang rewel, menangis. merengek, para orang tua justru memberikan gadget kepada anak mereka. Padahal ini tidak baik dilakukan secara terus-menerus karena menjadikan si anak kecanduan gadget.

Hal ini menjadi tanggung jawab kita sebagai orang tua agar mampu mendidik anak kita menggunakan gadget dengan bijak dan benar. Memang, ada kalanya gadget memberikan dampak yang positif. Tetapi, di beberapa kasus anak-anak yang mulai kecanduan gadget menjadi lebih agresif, jika tidak diizinkan bermain gadget mereka lagi. Bahkan ada juga yang membenturkan kepala mereka ke tembok. Maka dari itu, para orang tua harus pandai mengatasi hal ini, agar anak tidak semakin kecanduan gadget. Berikut adalah tips bagaimana cara mengatasi anak kecanduan gadget.

  1. Ajarkan anak bermain di alam

Bermain di alam bisa membantu mengatasi anak dari kecanduan gadget. Kenalkan anak Anda mengenal dan bermain dengan alam di sekiar mereka. Nggak usah jauh-jauh ajak anak bermain di taman, sawah, kebun, atau mengelilingi komplek rumah.  Kegiatan yang bisa dilakukan seperti bercocok tanam, memancing, panen hasill kebun dan sebagainya. Pengalaman seperti ini membantu anak Anda belajar mengenal alam semesta. Bermain di alam menghadirkan keseruan tersendiri bagi mereka dan menyembuhkan kecanduan pada gadget yang berlebihan.

  1. Luangkan waktu untuk bermain dengan anak

Cara lain untuk menghindari kecanduan gadget pada anak adalah dengan mengajak mereka bermain. Untuk para orang tua jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Saat akhir pekan tiba nggak ada salahnya untuk meluangkan waktu bermain dengan anak. Bermain dengan anak bisa dengan melakukan kegiatan sederhana, seperti memasak bersama,  atau ajak mereka mengobrol, daripada bermain dengan gadget. Aktivitas sederhana tersebut nantinya semakih mengakrabkan Anda dengan anak bukan dengan gadget.

Baca juga: Bioenergi: Solusi Terbaik Menyelesaikan Berbagai Masalah Hidup Anda

  1. Batasi waktu penggunan gadget

Membatasi waktu anak Anda saat menggunakan gadget akan membantu mereka kecanduan gadget. Atau berikan gadget mereka di waktu-waktu tertentu saja, ataupun jika terpaksa, batasi saja. Misalnya dua jam sehari sekali atau gunakan gadget hanya untuk keperluan tertentu. Jangan terlalu sering menuruti kemauan anak, bersikaplah tegas. Karena ini semua juga untuk kebaikan anak Anda.

  1. Ganti gadget dengan mainan

Mengalihkan fokus anak yang kecanduan gadget bisa Anda ganti dengan memberikannya mainan. Berikan mainan yang mereka sukai, sekaligus yang edukatif dan bermanfaat sehingga anak Anda bisa bermain sambil belajar. Jangan hanya mainan yang itu-itu saja, berikan beberapa alternatif mainan agar anak tidak mudah merasa cepat bosan.

Baca juga: 8 Cara Menjadi Cantik Alami Dan Tampil Memukau Setiap Hari

  1. Ajak anak bersosialisasi

Bersosialisasi juga penting untuk dilakukan. Ajak anak Anda keluar rumah, bertemu tetangga, anak-anak yang sebaya dengannya. Tidak hanya di rumah, di sekolah juga Anda bisa menerapkan ini. Bertemu dengan teman sebaya bisa menjadi pilihan untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget. Para orang tua juga bisa mengundang teman anak mereka ke rumah untuk bermain bersama. Hasilnya ketika anak sibuk bermain dengan teman, mereka mulai lupa dengan gadget mereka.

  1. Berikan anak reward

Berikan nasihat dan motivasi kepada anak Anda agar tidak terlalu sering bermain gadget. Mengurangi bermain gadget memang tidak bisa dilakukan secara langsing, lakukan secara bertahap pada anak Anda. Saat mereka berhasil melakukannya, Anda bisa membetikan hadiah sebagai bentuk apresiasi dan membuat anak Anda menjadi lebih bersemangat agar mengurangi waktu mereka menggunakan gadget.

  1. Ganti Gadget dengan les atau kursus

Mengganti gadget dengan aktivitas yang bermanfaat untuk masa depan anak Anda. Aktivitas tersebut bisa berupa les atau kursus untuk mengembangkan bakat-bakat anak Anda. Perhatikan anak Anda baik-baik, amati sikap, perilaku dan kegemarannya. BIsa saja dari situ bakat anak mulai terlihat. Apakah bermusik, bernyanyi, berolahraga, memasak, menari, berbahasa dan seterusnya. Lalu Anda bisa memasukkan anak Anda ke tempat kursus atau les khusus yang sesuai.

Anak-anak yang kecanduan gadget ini harus diarahkan dan dibimbing saat menggunakan gadget. Bermain gadget memang diperbolehkan tapi jangan terlalu sering karena dapat merebut waktu mereka bermain dan belajar. Selain tips di atas, ada tips lain yang layak sekali untuk di coba buat semua orang tua. Apakah itu? Yaitu dengan memanfaatkan Kapsul Kecerdasan Bioenergi.

Tahukah Anda Kapsul Kecerdasan Bioenergi sangat bermanfaat untuk membantu anak dalam perkembangan dan pertumbuhannya termasuk mengurangi kecanduan anak terhadap gadget. Bukan hanya sekedar vitamin atau nutrisi untuk anak. Energi bioelektromagnetik yang terkandung di dalamnya mampu menstimulasi otak untuk meningkatkan stimulasi sel otak yang jumlahnya 200.000 sel yang akan mengalami perkembangan dalam kecerdasannya. Kecerdasan tersebut berupa kecerdasan akademis, mental, emosional dan spiritual.

Info lebih lanjut berbagai manfaat Kapsul Kecerdasan Bioenergi, anda bisa baca di www.kapsulkecerdasan.com

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hubungi kami di WhatsApp