Kapsul Kecerdasan :: Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Home Artikel Umum Motivasi Belajar Siswa Dapat Ditingkatkan Dengan Mudah. Ini Caranya!

Motivasi Belajar Siswa Dapat Ditingkatkan Dengan Mudah. Ini Caranya!

Motivasi Belajar Sisw – Apakah Anda seorang guru atau pendidik yang memiliki siswa dengan semangat belajar yang rendah? Bagi seorang guru, kondisi ini sangatlah memprihatinkan. Mengingat motivasi belajar siswa adalah faktor penting dalam meraih prestasi atau keberhasilan belajar. Nah, bagi Anda para guru yang ingin sekali dapat memelihara dan meningkatkan motivasi belajar siswa dapat memperhatikan beberapa tips berikut ini.

7 Motivasi Belajar Siswa Dapat Ditingkatkan Dengan Mudah

1. Libatkan siswa secara aktif

Kegiatan monoton di dalam kelas yang mengharuskan siswa menulis, mendengarkan, dan membaca cenderung membuat siswa menjadi pasif dan bosan di kelas. Libatkan siswa dalam proses belajar secara aktif dengan melakukan berbagai kegiatan menarik seperti meneliti, rekreasi, mendesain atau menciptakan sesuatu, mencari solusi untuk sebuah masalah, dan sebagainya. Dengan pola belajar seperti ini akan membentuk siswa menjadi lebih cerdas dan kritis.

2. Gunakan metode belajar yang bervariasi

Ada beberapa sekolah yang menggunakan metode pembelajaran yang konvensional sehingga menimbulkan kebosanan pada diri siswa. Untuk itu, Anda bisa melakukan metode pembelajaran yang bervariasi, namun siswa tetap bisa fokus da n konsentrasi dalam belajar. Anda bisa memilih jenis metode pembelajaran seperti presentasi, diskusi, audio-visual, debat, simulasi, studi kasus, dan sebagainya. Dengan menggunakan metode belajar yang bervariasi tersebut dijamin dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

3. Beri tugas yang berbobot

Tugas belajar yang “itu-itu saja” dan terkesan mudah dan monoton membuat siswa malas karena tidak ada hal baru yang menarik dan menantang. Para guru yang kreatif akan mencoba membangkitkan motivasi belajar siswa dengan memberikan tugas yang lebih menantang, lebih berbobot, sesuai minat dan harapan siswa. Dalam hal penilaian pun sebaiknya Anda memberikan nilai secara proporsional dan adil sesuai kemampuan siswa.

4. Beri penghargaan pada hasil belajar siswa

Jika siswa memperlihatkan hasil belajar yang memuaskan maka hargai hasil belajar siswa dengan memberikan reward berupa nilai bagus, kalimat pujian, ataupun hadiah. Dengan pemberian reward ini diharapkan siswa semakin bersemangat dan termotivasi untuk lebih berprestasi.

Baca juga: Agar anak cerdas dan pintar di sekolah 

5. Mengajar dengan antusias dan semangat

Jiwa semangat mengajar dari guru pasti akan menular kepada siswa. Dengan begitu, tetaplah mengajar dengan penuh antusias, semangat, dan tanpa putus asa. Sebaliknya, jika Anda mengajar dengan rasa bosan, kurang percaya diri, dan malas maka siswa Anda pun akan belajar dengan sikap serupa.

6. Libatkan diri Anda secara pribadi

Guru adalah sosok penting dalam memberikan motivasi belajar siswa. Guru yang profesional adalah guru yang dapat membimbing siswanya secara total demi kemajuan siswa. Jika Anda melihat siswa kurang semangat maka lakukan pendekatan dan beri solusi dalam memecahkan masalahnya. Selain itu, Anda juga perlu memberikan suntikan semangat bagi siswa untuk meraih kesuksesan.

Baca Juga : Kata Semangat Hidup Penuh Motivasi dari Tokoh Dunia

7. Kondisikan ruang kelas yang nyaman

Suasana kelas yang nyaman tentu mendukung motivasi belajar siswa. Karena itu, kondisikan kelas senyaman mungkin untuk proses belajar bagi siswa. Jaga kebersihan kelas, tenang -tidak bising-, jika perlu dalam saat-saat tertentu bisa diputar musik yang lembut untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Menurut penelitian, musik dapat memberikan efek positif bagi otak dalam meningkatkan konsentrasi belajar dan kecerdasan.

Seorang guru memiliki tugas atau kewajiban untuk memelihara motivasi belajar siswa. Jika motivasi ini terus terjaga bahkan dapat meningkat maka tidak mustahil para siswa akan memiliki prestasi gemilang. Beberapa tips di atas dapat meningkatkan motivsi belajar siswa. Selain dengan tips tersebut, ada cara lain yang tidak kalah hebat karena terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cepat, yaitu dengan Kapsul Kecerdasan.

Informasi selengkapnya, silakan klik manfaat Kapsul Kecerdasan Diabawah Ini.

Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :