Meningkatkan Konsentrasi Belajar agar Anak Cerdas

Meningkatkan Konsentrasi Belajar agar Anak Cerdas

Konsentrasi Belajar – Setiap orangtua pasti mengharapkan anaknya memiliki prestasi gemilang di sekolah, menjadi bintang kelas, menjadi juara lomba cerdas cermat, dan sebagainya. Namun, dalam kenyataannya hal itu tidaklah mudah dicapai. Ada banyak masalah atau gangguan yang dialami sang Anak sehingga dapat menjadi hambatan baginya untuk berprestasi. Salah satu gangguan yang harus mendapat perhatian dan segera dicari solusinya adalah masalah anak sulit untuk konsentrasi. Bagi siapa pun, kemampuan konsentrasi sangatlah penting. Bagi anak, konsentrasi dibutuhkan untuk menyerap segala macam ilmu pengetahuan dan informasi seputar pelajaran atau apa pun di sekitarnya. Jika si Kecil memiliki gangguan konsentrasi maka tak ayal ia akan menjadi anak yang memiliki nilai pelajaran yang tidak begitu bagus karena ilmu pengetahuan tak mampu diserapnya dengan maksimal.

 Bagi Anda yag memiliki anak dengan permasalahan kesulitan berkonsentrasi maka perlu memperhatikan beberapa tips meningkatkan konsentrasi belajar berikut ini

1. Penuhi kebutuhan gizinya

Usia anak masih dalam fase bertumbuh dan berkembang. Dengan begitu, ia akan selalu membutuhkan asupan gizi seimbang agar proses pertumbuhan dan perkembangannya dapat optimal. Karena itu, usahakan untuk menyediakan makanan kaya nutrisi setiap hari dengan memenuhi kebutuhan akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Nutrisi terbaik bagi otak untuk meningkatkan konsentrasi belajar adalah Omega 3 dan Omega 6. Selain Omega, juga penuhi kebutuhan anak Anda dengan nutrisi lainnya yang tak kalah penting, seperti asam folat, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan flavonoid. Berbagai jenis nutrisi terbaik bagi otak tersebut dapat Anda temukan dalam makanan sehat seperti sayuran hijau, ikan, telur, daging sapi, buah-buahan, cokelat, biji-bijian, dan sebagainya.

Baca juga: Makanan penambah daya ingat otak 

2. Rutin berolahraga

Dalam masa sekolah selalu ada pelajaran olahraga sehingga anak dituntut untuk praktik mengolah raganya. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga menyumbangkan peranan penting dalam mengoptimalkan kinerja otak untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Hal ini disebabkan karena olahraga membuat suplai oksigen ke otak menjadi lancar sehingga dapat memaksimalkan perkembangan sel-sel otak agar tetap sehat. Di usia anak, biasanya anak akan lebih aktif dengan segala aktivitas yang digemarinya, termasuk olahraga. Ada banyak jenis olahraga yang disukai anak, misal sepakbola, badminton, renang, basket, senam, balet, dan masih banyak lagi.

3. Berkegiatan dengan disiplin dan terencana

Anak dalam kesehariannya bersekolah memiliki jadwal belajar yang padat disertai dengan tugas (pekerjaan rumah) yang bermacam-macam. Untuk itu, anak harus berlatih disiplin dengan membiasakan mengerjakan tugas satu per satu hingga selesai dengan sempurna, lalu beralih ke tugas selanjutnya. Hindari mengerjakan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan karena hal ini akan menghambat kemampuan konsentrasi belajar anak.

4. Lakukan permainan yang merangsang kinerja otak

Masa anak-anak jelas menyukai segala jenis permainan. Selain menghibur, ada beberapa jenis permainan yang bermanfaat merangsang kinerja otak, seperti tebak-tebakan, teka-teki silang, catur, dan sebagainnya. Jenis permainan tersebut melatih otak untuk berpikir kritis, kreatif, fokus dan penuh konsentrasi. Karena itu, tidak mustahil bahwa anak yang menyukai jenis permainan tersebut akan menjadi anak yang cerdas. Selain beraktivitas melalui permainan, kebiasaan mendengarkan musik lembut yang menenangkan juga dinilai efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar.

Baca juga: Meningkatkan kecerdasan dengan musik terapi otak 

5. Cukup istirahat

Anak memiliki segudang kegiatan, mulai dari sekolah hingga bermain. Namun, dalam fase pertumbuhan dan perkembangannya, anak diharapkan memiliki waktu istirahat yang cukup. Dengan cukup beristirahat, bukan saja tubuh yang beristirahat namun juga otak. Itu penting agar anak memiliki kemampuan konsentrasi belajar yang baik.

Demikian beberapa tips yang dapat diterapkan untuk meningkatkan konsentrasi belajar bagi anak

Selain tips tersebut, ada cara lain yang terbukti ampuh membangun kemampuan konsentrasi belajar anak, yaitu dengan mengonsumsi Kapsul Kecerdasan. Pastikan anak Anda memiliki kemampuan konsentrasi yang baik untuk mencapai keberhasilan proses belajar dan tercapainya masa depan yang cerah. Selengkapnya silakan klik manfaat Kapsul Kecerdasan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : 

Hubungi kami di WhatsApp