Kapsul Kecerdasan :: Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Home Artikel Kapsul Kecerdasan Kecerdasan Spiritual Anak Mudah Ditingkatkan Dengan Cara Ini

Kecerdasan Spiritual Anak Mudah Ditingkatkan Dengan Cara Ini

Kecerdasan Spiritual – Pernahkan Anda mendengar istilah kecerdasan spiritual (SQ)? Kecerdasan inilah yang memfungsikan secara efektif kedua jenis kecerdasan lainnya, yaitu kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ). Dengan kata lain, IQ dan EQ akan tidak memiliki arti jika tanpa didasari oleh SQ. Namun, dalam kenyataannya justru sebaliknya, banyak orang tidak menganggap penting kecerdasan spiritual. Mereka menganggap penting atau hanya mengedepankan kecerdasan intelektual. Kesalahan dalam berpikir ini jika dibiarkan secara berlarut-larut akan mengancam kepekaan anak. Untuk itu, sudah sewajibnya para orangtua ataupun pendidik berusaha meningkatkan kecerdasan spiritual pada usia sedini mungkin karena pada usia anak inilah saat yang paling tepat menanamkan nilai-nilai kepada anak.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menanamkan nilai-nilai spiritual kepada anak, sebaiknya segera menyimak beberapa tips berikut ini.

4 Cara Meningkat Kecerdasan Spiritual Kepada Anak

1. Mengenalkan siapa itu Tuhan?

Orangtua yang baik dan bertanggung jawab akan senantiasa mengajarkan konsep agama dan Tuhan kepada anak sejak kecil. Perkenalkan siapa itu Tuhan? Perkenalkan sifat-sifat Tuhan yang Maha Pengasih, Maha Tahu, Maha Pemaaf, Maha Besar, dan sebagainya.

Anda bisa mengenalkan siapa itu Tuhan kepada anak melalui pelajaran agama, cerita-cerita anak yang Anda bacakan atau bahkan melalui nyanyian-nyanyian anak sholeh untuk anak Muslim atau nyanyian sekolah Minggu untuk anak Kristiani. Selain mengenalkan siapa itu Tuhan, Anda juga bisa menceritakan kepada anak tentang para nabi atau rasul yang selama hidupnya mengembankan dirinya kepada Tuhan. Dengan meneladan kisah rasul atau nabi maka anak secara otomatis akan menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya fokus hidupnya.

2. Ajak dan disiplinkan anak untuk rutin berdoa

Doa adalah rutinitas yang dibutuhkan oleh setiap manusia untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Agar anak memiliki kecerdasan spiritual maka sebaiknya Anda dekatkan diri anak dengan Tuhan melalui rutinitas berdoa, seperti saat bangun tidur, saat makan, saat mau belajar, saat ingin keluar rumah, dan sebagainya. Bagi anak Muslim bisa Anda ajak sholat berjamaah atau mengaji dan bagi anak Kristiani bisa ajak berdoa renungan harian. Dengan terbiasa berdoa maka anak akan memiliki kedekatan khusus dan istimewa dengan Tuhan.

Baca Juga : 6 Doa Bentuk Utama Kasih Sayang Ibu kepada Anaknya

3. Ajak anak untuk beribadah ke rumah ibadah

Setiap agama memiliki rumah ibadah yang berbeda. Ajak anak Anda untuk beribadah di tempat ibadah sesuai agama Anda, seperti umat Islam di masjid, umat Kristiani di gereja, umat Hindu di pura, dan umat Budha di vihara. Beri arahan dan bimbingan selama anak mengikuti ritus ibadah. Hal ini bertujuan agar anak dapat benar-benar terlibat secara emosi dan spiritual selama ibadah.

kolom-ketaatan-beribadah-seorang-budak-986_l

4. Ajak anak untuk mengunjungi orang-orang lemah

Untuk mengasah kepekaan anak, Anda bisa mengajak mereka untuk mengunjungi kaum lemah, terpuruk, dan terpinggirkan, seperti kaum miskin di daerah kumuh, anak yatim piatu, kaum jompo, atau melayat orang yang meninggal ataupun melawat orang sakit. Dengan memiliki kecerdasan spiritual ini maka anak akan terbiasa berbuat baik dan berbagi atau berempati dengan kaum kurang beruntung.

Baca Juga : Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Kecerdasan Spiritual menjadi pondasi bagi kecerdasan lainnya. Kecerdasan spiritual tentu sangat dibutuhkan bagi setiap diri anak sebagai generasi penerus bangsa. Jika ingin bangsa ini maju dan berkembang dan terbebas dari belenggu praktik korupsi maka sudah sewajibnya Anda sebagai orangtua berusaha meningkatkan kecerdasan spiritual anak. Selain dengan mempraktikkan tips-tips di atas, Anda juga bisa mengusahakan kecerdasan spiritual anak Anda melalui Kapsul Kecerdasan.

Informasi selengkapnya silakan klik manfaat Kapsul Kecerdasan untuk mengatasi masalah anak.

Baca Juga Artikel Lainnya: