Kapsul Kecerdasan :: Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Home Artikel Kapsul Kecerdasan 8 Pengertian Dan Macam Emosi Dalam Psikologi Menurut Para Ahli

8 Pengertian Dan Macam Emosi Dalam Psikologi Menurut Para Ahli

Emosi dalam psikologi – Anda tentu sering menggunakan istilah “emosi’ dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Istilah emosi dalam pemakaian sehari-hari sering merujuk pada kondisi jiwa yang negatif, seperti marah, tidak sabar, sedih, dan sebagainya. Namun, ternyata pengertian emosi yang dalam kehidupan sehari-hari ternyata tidak sama dengan pengertian emosi dalam psikologi. Emosi dalam psikologi dapat berupa rasa cinta, gembira, bahagia, riang, bangga, mesra, dan sebagainya.

Arti Emosi dalam psikologi sebagai luapan perasaan yang berkembang sebagai bentuk reaksi psikologis-fisiologis dan cepat surut dalam waktu singkat. Ini bersifat subyektif dan bisa jadi positif atau negatif. Emosi dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang, bahkan juga mempengaruhi perilaku pribadi dan sosial seseorang.

Emosi dalam psikologi memiliki beberapa macam pengertian dari para ahli. Kesemua pengertian tersebut mengkaji emosi dengan memberikan pengertian yang sesuai dengan kepentingannya dalam kehidupan manusia. Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa saja pengertian emosi dan apa saja bentuk emosi dari para psikolog, berikut ini uraiannya.

Pengertian emosi dalam psikologi dari berbagai pakar

  1.  George Miller

Emosi adalah pengalaman seseorang mengenai rasa takut dan biasanya diikuti dengan berbagai perubahan fisik dalam peredaran darah dan pernafasan, biasanya juga diiringi dengan berbagai tindakan pemaksaan.

  1.  Angels

Emosi adalah kondisi perasaan yang kompleks yang dibarengi dengan berbagai gerakan atau aktivitas kelenjar. Atau, emosi adalah perilaku yang kompleks yang didominasi oleh aktivitas lambung atau organ-organ intrinsik.

  1.  Stanley

Emosi adalah pondasi utama yang melandasi kelahiran dan perkembangan kekuatan mental seseorang.

  1.  Dr. Muhammad Najaati

Emosi adalah sebuah kekacauan hebat yang meliputi segala aspek individu, dan berpengaruh pada perilaku, perasaan, dan fungsi vitalnya. Emosi ini dapat muncul karena ada pengaruh faktor psikologis.

  1.  Dr. Abdullah Abdul Hayy Musa

Emosi adalah perubahan secara mendanda pada diri seseorang yang meliputi seluruh aspek individu, baik psikis maupun fisiknya.

  1.  Daniel Goleman

Emosi adalah suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu kondisi biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi pada dasarnya merupakan dorongan untuk bertindak.

  1.  Spergada Poerbakawatja

Emosi adalah respons terhadap suatu rangsangan yang menyebabkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meledak.

  1. Chaplin

Emosi adalah suatu kondisi yang terangsang dari organisme yang mencakup berbagai perubahan yang disadari, yang sifatnya mendalam dari perubahan perilaku tersebut.

Baca Juga :Memiliki Motivasi Hidup Sukses 

Macam-macam bentuk emosi dalam psikologi dari berbagai pakar

  1. Decrates membagi emosi menjadi lima macam, yaitu:

    • desire (hasrat)
    • sorrow (sedih/duka)
    • wonder (heran)
    • love (cinta)
    • joy (kegembiraan)
  1. Watson membagi emosi menjadi tiga macam, yaitu:

    • fear (ketakutan)
    • rage (kemarahan)
    • love (cinta)
  1. Daniel Goleman membagi beberapa macam emosi, yaitu:

    • amarah : benci, jengkel, beringas, mengamuk
    • kesedihan : sedih, putus asa, muram, pedih, melankolis, mengasihi diri
    • takut : was-was, gugup, cemas, khawatir, waspada, tidak tenang, ngeri
    • kenikmatan : senang, riang, gembira, bahagia, bangga, terhibur, puas
    • cinta : kemesraan, persahabatan, kebaikan hati, kepercayaan, bakti, rasa dekat
    • terkejut : terkejut, terkesiap
    • jengkel : muak, tidak suka, hina, jijik
    • malu : malu hati, kesal

Baca Juga : Misteri Otak Manusia Yang Penting Untuk Anda Ketahui!

Demikian beberapa jenis pengertian emosi dalam psikologi yang perlu Anda ketahui.

Emosi tentu sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan belajar anak sehingga diharapkan anak senantiasa memiliki keseimbangan emosi untuk mendukung prestasi belajarnya. Salah sata usaha yang dapat para orangtua lakukan untuk mendukung keberhasikan belajar anak, yaitu dengan memberikan Kapsul Kecerdasan yang akan membantu anak Anda dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi belajar sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi anak yang cerdas dan sehat.

Baca juga: Kapsul Kecerdasan, meningkatkan kecerdasan anak secara alami

Baca Artikel Menarik Lainnya :