Cara Mencerdaskan Otak dari Makanan dan Kebiasaan Sehat

Cara Mencerdaskan Otak dari Makanan dan Kebiasaan Sehat

Cara Mencerdaskan Otak – Otak adalah salah satu organ penting pada diri manusia. Dari otaklah, manusia mampu berpikir dan memecahkan masalah. Dengan mengoptimalkan kinerja otaklah, manusia bisa belajar, bekerja, dan melakukan aktivitas lainnya yang melibatkan kemampuan otak. Dan, kinerja otak selalu berkaitan dengan organ lainnya. Apabila otak dalam kondisi yang sehat dan kuat maka kemampuan organ lain pun turut maksimal. Untuk itulah, kemampuan otak selalu dibutuhkan oleh manusia kapan saja dan di mana saja dalam kehidupannya.

Otak yang cerdas tentu menjadi harapan semua orang. Memiliki otak cerdas tentu sangat memengaruhi tingkat keberhasilan dan kesuksesan seseorang dalam hidup. Sebut saja, seorang pelajar yang memiliki otak cerdas maka ia akan menjadi seseorang dengan profesi yang bagus, seperti dokter, peneliti, ilmuwan, dan sebagainya. Atau, seorang pengusaha yang memiliki otak cerdas dan kreatif maka ia akan tampil menjadi pengusaha yang sukses dan kaya.

Siapa yang menolak jika memiliki otak cerdas? Sebenarnya memiliki otak cerdas bisa diupayakan dengan memperhatikan hal yang sederhana, seperti rutin mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi otak serta melakukan beberapa kebiasaan yang bermanfaat baik bagi otak.

Cara Mencerdaskan Otak Yang Dilihat Dari Makanan Dan Kebiasaan Yang Dapat Anda Terapkan

1. Makanan bernutrisi yang baik bagi otak

Ada banyak jenis makanan yang mengandung nutrisi untuk menunjang kesehatan otak. Beberapa makanan tersebut antara lain:

  • Ikan

Selain mengandung vitamin, protein, dan mineral, ikan juga mengandung asam lemak yang baik bagi kecerdasan otak, yaitu Omega 3 dan Omega 6. Ada beberapa jenis ikan yang mengandung kedua jenis asam lemak tersebut, seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan lele, ikan kembung, dan sebagainya.

  • Sayuran berwarna

Sayuran tentu mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting bagi perkembangan otak. Untuk itu, usahakan selalu mengonsumsi sayur setiap hari demi menunjang kesehatan otak Anda. Anda bisa memilih jenis sayur yang baik untuk otak, seperti bayam, brokoli, sawi, dan sebagainya.

  • Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan juga menjadi cara mencerdaskan otak dengan optimal. Buah pisang dan alpukat dengan kandungan vitamin dan mineral mampu menunjang pertumbuhan, kesehatan, dan kecerdasan otak.

  • Telur

Telur mengandung protein dan asam amino. Dengan mengonsumsi kedua jenis nutrisi tersebut merupakan salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak.

  • Cokelat

Cokelat mengandung kandungan flavonoid yang dapat mendukung pembentukan sel-sel saraf otak baru. Selain memiliki rasa nikmat, cokelat dapat memiliki manfaat meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi.

Baca juga: Makanan penambah daya ingat otak 

2. Melakukan kebiasaan baik bagi otak

Untuk menjaga kesehatan otak maka diperlukan beberapa kebiasaan yang terbukti ampuh dalam menjaga kinerja otak tetap optimal, seperti:

  • Lakukan olahraga rutin

Olahraga membuat tubuh sehat dan bugar. Demikian pula bagi otak, olahraga membuat efek positif, yaitu perkembangan sel-sel otak tetap sehat dan kuat.

  • Biasakan bermain permainan yang mencerdaskan otak

Pilihlah jenis permainan yang mengasah kinerja otak, seperti catur, teka-teki silang, tebak-tebakan, dan sebagainya. Selain merasa terhibur, dengan melakukan permainan ini maka otak Anda pun akan terasah sehingga menjadi lebih cerdas, kreatif, dan kritis.

  • Banyak membaca buku

Kebiasaan membaca buku akan membuat otak menerima banyak informasi dan ilmu pengetahuan. Hal tersebut secara otomatis akan membuat otak Anda semakin cerdas dan berwawasan luas.

  • Berlatih meditasi

Latihan meditasi akan membuat tubuh Anda rileks dan pikiran pun menjadi tenang. Secara perlahan namun pasti, meditasi ini akan menenangkan otak sehingga dapat menjadi referensi cara mencerdaskan otak.

  • Melakukan hal baru dan suasana baru

Rasa bosan terkadang menimbulkan rasa stres sehingga akan menumpulkan kinerja otak. Bagi Anda yang menginginkan otak cerdas, perlu melakukan refresing dengan melakukan hal dan suasana baru.

Baca juga: Zat endorphin hormon kebahagiaan 

Demikian beberapa cara mencerdaskan otak yang dapat Anda terapkan

Selain beberapa tips di atas, Anda juga bisa mencerdaskan otak melalui Kapsul Kecerdasan. Kapsul ini terbuat dari bahan alami, diproses secara alamiah dan higenis. Bagi Anda yang ingin memiliki otak cerdas, tentu dapat mengoptimalkan kinerja otak Anda melalui Kapsul Kecerdasan. Informasi selengkapnya klik manfaat Kapsul Kecerdasan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : 

Hubungi kami di WhatsApp