Kapsul Kecerdasan :: Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Home Artikel Umum 7 Cara Melatih Anak Berbicara Dengan Cepat

7 Cara Melatih Anak Berbicara Dengan Cepat

Cara Melatih anak Berbicara – Memiliki anak yang tumbuh dan berkembang dengan optimal menjadi harapan setiap orangtua. Untuk itu, setiap orangtua akan melakukan segala hal agar anak-anaknya menjadi anak yang sehat dan cerdas. Namun, dalam kenyataannya masih banyak anak yang perkembangannya mengalami beberapa kendala, salah satunya adalah ketika anak mengalami keterlambatan dalam berbicara.

Sebagai orangtua yang memiliki anak terlambat bicara tentu akan merasa khawatir. Apalagi berbicara ini menjadi modal utama anak untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Untuk itu, guna mengatasi masalah ini diperlukan sebuah cara melatih anak bicara yang sangat efektif. Dalam hal ini orangtua memiliki peranan penting dalam menumbuhkan kemampuan berbicara hingga si kecil lancar dalam mengucapkan kata dan merangkai kalimat.

Bagi Anda yang memiliki anak yang mengalami keterlambatan berbicara, jangan khawatir karena hal ini bisa Anda atasi dengan melakukan beberapa cara melatih anak berbicara di bawah ini. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk melatih sekaligus merangsang kemampuan anak berbicara. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pendidikan anak usia dini Yang Perlu Anda Ketahui

7 Cara Melatih Anak Berbicara Dengan Cepat

1. Selalu ajak anak untuk berkomunikasi

Cara melatih anak bicara sebaiknya dilakukan oleh orangtua kapan pun dan di mana pun berada. Anda bisa mengajaknya berbicara dengan mengenalkan nama-nama benda di sekitar atau dengan mengobrol. Semakin sering Anda berkomunikasi dengan si kecil maka ia akan terstimulus untuk turut berbicara. Untuk itu, Anda perlu menjadi orangtua yang ‘cerewet’ untuk merangsang anak Anda mau berbicara dan berkomunikasi.

2. Libatkan anak untuk berbicara dengan cara yang menyenangkan dan menarik

Salah satu cara melatih anak berbicara adalah dengan mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang mengajarkan anak berbicara dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Misalnya, Anda mendongeng dengan menggunakan boneka jari atau boneka tangan. Dengan bercerita maka anak akan merasa tertarik untuk mendengarkan cerita sekaligus mengingat kosakata dan ia pun akan menirunya. Selain mendongeng, Anda pun juga bisa melatih anak berbicara dengan bernyanyi. Semakin sering Anda menyanyikannya atau mengajaknya bernyanyi maka anak akan menirukan nyanyian yang biasa ia dengarkan.

3. Mengajak anak bermain sekaligus belajar

Mengajak bermain sekaligus belajar juga termasuk salah satu cara melatih anak berbicara. Anda bisa melakukan aktivitas membaca gambar pada flash card, bermain puzzle yang terdapat gambar, dan sebagainya. Dengan melihat gambar, Anda memintanya mengucapkan nama benda yang ada pada gambar tersebut. Hal ini sangat efektif dalam  merangsang pengucapannya dan penambahan kosakata.

4. Selalu menanggapi ocehannya

Sebelum lancar berbicara, anak tentu mengalami fase mengoceh. Cara melatih anak berbicara juga dapat dilakukan dengan selalu menanggapi setiap ocehannya. Terus perbaiki setiap ocehan anak hingga ia bisa mengucapkan kata dengan benar. Minta anak untuk menirukan gerakan mulut dan ucapan Anda secara perlahan. Dengan dilakukan secara rutin maka kemampuan anak dalam berbicara akan semakin meningkat.

5. Mengajak anak bersosialisasi dengan teman-temannya

Cara melatih anak berbicara yang selanjutnya adalah dengan mendorong anak untuk bersosialisasi dengan teman-temannya. Dengan bersosialisasi ini maka anak akan terdorong bisa berbicara untuk berkomunikasi dengan teman-temannya.

6. Memberikan asupan makanan bernutrisi

Untuk mendukung perkembangan otaknya sehingga ia memiliki daya ingat yang baik dan konsentrasi dalam mengingat kosakata dan merangkainya dalam kalimat maka Anda perlu memberikan si kecil makanan bernutrisi lengkap, terutama  protein, vitamin A dan C, kalsium zat besi, omega 3, dan DHA tinggi yang merupakan asupan wajib bagi anak di usia emas. Untuk itu, memberikan asupan sehat untuk otak juga termasuk salah satu cara melatih anak berbicara.

Baca Juga : Cara Cepat Membuat Anak Pintar

Demikian beberapa cara melatih anak berbicara yang perlu Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua cara di atas, namun kemampuan berbicara anak Anda masih belum tampak mengalami kemajuan maka sebaiknya Anda segera melakukan cara yang terakhir, yaitu dengan memberikannya Kapsul Kecerdasan yang akan merangsang syaraf-syaraf di organ otaknya sehingga anak mampu mengingat kosakata dan merangkainya menjadi kalimat hingga anak menjadi lancar dalam berbicara. Dengan begitu, anak Anda menjadi semakin cerdas dan piawai dalam berkomunikasi.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :