Kapsul Kecerdasan :: Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Home Artikel Umum Cara Belajar Matematika dengan Mudah dan Cepat

Cara Belajar Matematika dengan Mudah dan Cepat

Cara Belajar Matematika – Bagi sebagian besar pelajar atau siswa, mata pelajaran Matematika masih dianggap momok paling menakutkan di sekolah. Dengan segala alasan mereka seperti sulit dipahami, cara penjelasan guru yang susah dimengerti, malas dengan hitung-hitungan, dan lain sebagainya membuat tidak sedikit siswa yang mendapatkan nilai buruk pada mata pelajaran Matematika. Sebaliknya, bagi sebagian siswa yang menyukai Matematika, mereka menganggap Matematika adalah mata pelajaran yang mengasyikkan karena tidak harus menghafal. Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah Matematika menjadi mata pelajaran yang sulit atau mudah?

Jika Anda menganggap mata pelajaran Matematika sebagai sesuatu yang sulit dan menakutkan, sebaiknya Anda melakukan beberapa tips atau cara belajar Matematika berikut ini agar Anda dapat mengubah sudut pandang Anda pada Matematika. Semoga setelah membaca beberapa tips berikut, Anda bisa menemukan cara belajar Matematika yang efektif sehingga membuat Anda menjadi akrab dan mencintai mata pelajaran Matematika.

8 Cara Belajar Matematika dengan Mudah dan Cepat

1. Kondisikan suasana belajar yang menyenangkan

Kondisikan mental Anda untuk siap belajar Matematika. Usahakan Anda untuk menyukai Matematika terlebih dahulu, dan pastikan Anda belajar tanpa ada beban atau paksaan. Hal ini akan sangat memengaruhi keberhasilan proses belajar Anda.

2. Banyak berlatih mengerjakan soal

Cara belajar Matematika yang paling efektif adalah dengan cara berlatih mengerjakan soal. Tidak seperti mata pelajaran ilmu sosial yang membutuhkan hafalan, Matematika tidak perlu dihafal kecuali pada rumus-rumus pokok saja. Dengan berlatih mengerjakan soal ini maka secara otomatis Anda akan menghafal rumus pokok/utama, memahami konsep, memahami cara atau alur pengerjaan soal. Agar Anda bisa menguasai soal maka rajinlah mengerjakan soal sebanyak-banyaknya hingga Anda benar-benar menguasai prosedur penyelesaian soal di luar kepala. Anda bisa membeli beberapa buku kumpulan soal dan mulai mengerjakan soal-soal tersebut. Semakin sering Anda berlatih mengerjakan soal maka Anda pun akan semakin terbiasa dengan proses atau alur pengerjaan soal.

3. Lakukan pencatatan

Mencatat adalah salah satu cara belajar Matematika ataupun mata pelajaran lain. Untuk Matematika, Anda bisa melakukan pencatatan rumus, konsep penting, soal yang unik, atau cara mudah dalam memahami soal. Anda bisa mencatat apa pun yang menurut Anda itu penting dan wajib diingat. Buka kembali catatan Anda jika memerlukannya. Dengan memiliki catatan ini maka Anda pun akan mudah dalam belajar.

4. Baca buku referensi

Jika Anda masih merasa kesulitan belajar atau mengerjakan soal Matematika, cara belajar Matematika yang tepat berikutnya adalah dengan membiasakan membaca buku atau referensi lain yang akan mempermudah Anda dalam memahami Matematika.

5. Mengikuti les atau tambahan pelajaran Matematika

Banyak siswa yang mengikuti les atau tambahan pelajaran di lembaga bimbingan belajar untuk mendapatkan cara belajar (tips and trick) Matematika yang lebih mudah. Mereka menganggap penguasaan Matematika sangat penting karena Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN) dan yang menentukan kelulusan. Karena itu, banyak siswa yang fokus mengikuti les Matematika di luar sekolah.

Baca Juga : Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

6. Jangan takut salah

Dalam menghadapi soal Matematika, Anda wajib percaya diri. Jangan pernah merasa tidak mampu, kesulitan, atau bahkan menyerah. Teruslah belajar dengan banyak berlatih mengerjakan soal, pahami konsep, dan pasti soal Matematika sesulit apa pun pasti berhasil Anda taklukkan.

7. Jangan segan untuk bertanya

Mengalami kesulitan saat belajar Matematika merupakan hal yang wajar. Jangan berdiam diri jika Anda  menemukan kesulitan belajar. Agar cepat keluar dari kesulitan, alangkah baiknya Anda segera bertanya kepada “sang ahli”, seperti guru Matematika, pembimbing les Matematika, teman yang mengerti Matematika, dan sebagainya. Agar lebih efektif lagi, Anda bisa belajar kelompok dengan orang-orang yang Anda anggap bisa menjadi guru ataupun mentor dalam belajar Matematika.

8. Mengonsumsi makanan bergizi

Asupan makanan bergizi sangat dibutuhkan otak untuk mendukung kinerja otak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat sehingga proses belajar dapat optimal. Dalam proses belajar Matematika, maksimalkan keberhasilan proses belajar dengan asupan makanan bergizi lengkap, seperti karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Selain itu, biasakan juga untuk mengonsumsi makanan sehat saat sarapan karena sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang terbiasa sarapan memiliki tingkat kecerdasan yang baik.

Baca juga:  Cara mencerdaskan otak dari makanan dan kebiasaan sehat 

Demikian beberapa cara belajar Matematika yang efektif, mudah, dan cepat

Dengan mempraktikkan beberapa tips di atas, niscaya Anda akan menjadikan Matematika sebagai mata pelajaran favorit karena Anda tidak lagi kesulitan mengerjakan soal-soalnya. Hasilnya, Anda pun pasti akan mendapatkan nilai baik bahkan sempurna. Selain melakukan beberapa tips di atas, Anda bisa mengoptimalkan belajar Matematika dengan mengonsumsi Kapsul Kecerdasan. Dengan bantuan kapsul ini, kemampuan daya ingat, konsentrasi, serta keberhasilan belajar Anda pun akan semakin meningkat. Pastikan nilai Matematika Anda menjadi lebih bagus bahkan menjadi sempurna. Informasi selengkapnya silakan klik manfaat Kapsul Kecerdasan.

Baca juga artikel menarik lainnya :