Kapsul Kecerdasan :: Meningkatkan Daya Ingat dengan Kapsul Kecerdasan

Home Artikel Umum Ciri-Ciri, Dosa Dan Azab Anak Durhaka Kepada Orangtua Menurut Islam

Durhaka kepada orangtua – Anak merupakan titipan Allah kepada setiap orangtua. Allah sendiri memerintahkan setiap hamba-Nya sebagai seorang anak untuk selalu berbakti kepada orangtua. Hal ini terlihat dalam firman-Nya, “Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kepada keduanya ‘ah/uf’ dan janganlah kamu membentak keduanya” (Q.S. Al-Isra : 23).

Namun, dalam kenyataannya sekarang ini banyak anak yang bersikap durhaka kepada orangtuanya. Agama Islam mengajarkan kepada setiap anak untuk selalu menghormati, menyayangi, dan menghargai orangtuanya. Jika hal itu dilanggar maka anak tersebut sama saja telah melakukan dosa besar dan ia akan mendapat azab dari Allah. Anda tentu tidak mau anak Anda menjadi anak durhaka kepada orangtua, bukan?

Bagi Anda yang memiliki anak dan tidak ingin anak Anda menjadi anak durhaka kepada orangtua maka sebaiknya Anda mengetahui mengenai ciri-ciri anak durhaka, beberapa dosa dan azab atau hukuman yang akan diterima anak durhaka. Dengan mengetahui informasi penting tersebut diharapkan Anda dapat membentuk anak Anda menjadi anak yang berbakti kepada orangtua.

Baca Juga : 12 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Ciri-ciri anak durhaka kepada orangtua menurut Islam

  • Mengucapkan kata-kata yang memunjukkan ketidaksukaan, seperti “Ah, Uf, dan semacamnya”
  • Membentak atau bersuara keras kepada orangtua
  • Membuat orangtua bersedih bahkan hingga menangis
  • Memperlihatkan muka cemberut atau masam kepada orangtua
  • Mencela orangtua
  • Bersikap sinis terhadap orangtua
  • Tidak mengakui orangtua karena malu atau sebab lainnya
  • Berani memerintah orangtua
  • Membebani orangtua dengan permintaan yang sulit dikabulkan
  • Lebih mengutamakan istri daripada orangtua
  • Tega meninggalkan orangtua di saat orangtua membutuhkan

Durhaka kepada orangtua termasuk DOSA BESAR menurut Islam

Abu Bakrah menceritakan, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Maukah kalian aku beritahukan tentang dosa besar yang paling besar?” (Beliau mengulanginya sampai tiga kali). Maka kami berkata : “Tentu, wahai Rasulullah!”

Beliau bersabda : “Menyekutukan Allah dan DURHAKA kepada kedua orang tua.” Ketika itu beliau bersandar kemudian duduk sambil berkata : “Ketahuilah begitu juga dengan ucapan dusta dan saksi dusta.” Beliau terus mengulang-ulangnya hingga kami berkata : “Semoga beliau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Azab atau hukuman bagi anak durhaka kepada orangtua menurut Islam

1. Tidak bisa masuk surga

“Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orang tua, dan juga seorang dayyuts/BANCI (merelakan kejahatan berlaku di dalam keluargannya, merelakan istri dan anak perempuannya serong)” . [H.R. Nasa’i dan Ahmad].

2. Mendapat murka Allah

“Keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua, dan murka Allah pun tergantung pada murka kedua orang tua”. (H.R. al-Hakim).

3. Amal ibadah dan shalat ditolak oleh Allah

“Allah tidak akan menerima Ibadahnya shalatnya orang orang yg dibenci kedua orang tuanya yang tidak menganiaya kepadannya”. (H.R. Abu al-Hasan bin Makruf)

4. Disebut “kafir”

“Jangan membenci kedua orang tuamu. Barang siapa Orang yang mengabaikan kedua orang tua, maka dia kafir”. (H.R. Muslim).

5. Tidak diampuni dosa-dosanya

Dari Aisyah r.a. ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Dikatakan kepada orang yang durhaka kepada kedua orang tua, “berbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya Aku tidak akan mengampuni. “Dan dikatakan kepada orang yang berbakti kepada orang tua, BAHWA perbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya Aku mengampunimu.” (H.R. Abu Nu’aim).

6. Tertutup pintu rezekinya

“Apabila seseorang tidak meninggalkan doa bagi kedua orang tuanya, maka akan terputus rezekinya”. (H.R. ad-Dailamy).

Demikian beberapa ciri, dosa, dan azab anak durhaka kepada orangtua yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki anak yang durhaka karena berani melawan orangtua, membangkang, dan jauh dari ibadah maka sebaiknya Anda segera memberikannya Kapsul Kecerdasan yang akan membantu Anda dalam mengatasi sikap negatif anak sehingga anak akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang mudah diatur, rajin berdoa dan beribadah, rajin belajar sehingga anak Anda akan menjadi anak yang cerdas, sukses, dan berprestasi.

Baca juga: Kapsul Kecerdasan, mengatasi masalah anak Anda

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :